Friday, June 20, 2008

Kisah di Balik Nama



Nama-nama tokoh dalam operet Konya Konya Lonya terdengar asing di telinga kita. Kata Vanda M Parengkuan, yang menulis cerita Konya Konya Lonya, nama-nama itu ada ceritanya.

BAOBAB

Dalam kisah ini ada sebatang pohon besar bernama Baobab. Nama Baobab diambil dari nama pohon yang tumbuh di Afrika dan Australia. Pohon ini tinggi besar seperti raksasa. Umurnya bisa sampai ribuan tahun. Oleh karena berumur panjang, Pohon Baobab menjadi saksi sejarah. Kalau pohon ini bisa bicara, wah… pasti dia punya banyak kisah tentang berbagai peristiwa!

KONYA KONYA LONYA

Nama tokoh utama operet ini diambil dari kata Jepang, yaitu kokoro atau kokolo. Hanya saja di setiap suku kata disisipkan kata nya. Arti kokoro adalah hati. Rupanya Konya Konya Lonya memang bermasalah dengan hatinya!

NIKO NIKO

Dalam bahasa Jepang, Niko Niko berarti senyum. Ternyata sahabat Konya Konya Lonya sejak kecil ini memang ramah, murah senyum, dan baik hati.

OTERO TERO

Nama si penyihir jahat Otero Tero, diambil dari nama boneka Tero Tero Boso. Di Jepang, biasanya orang menggantung boneka ini untuk menangkal hujan. Eh… adakah hubungan antara sihir Otero Tero dengan hujan?

SIANYA WANYA SENYA

Gadis kecil ini selalu ceria. Pantas dia punya banyak teman! Nama Sianya Wanya Senya diambil dari kata Siawase. Dalam bahasa Jepang, artinya bahagia. Sesuai dengan sifatnya, kan?

PROFESOR KURU KURU PA

Kuru Kuru Pa dalam bahasa Jepang berarti... gila! Eit, jangan takut dulu. Profesor Kuru-Kuru Pa tidak gila seperti namanya, kok. Cuma penampilannya saja yang eksentrik.

4 comments:

Ameni Nazaretha said...

bo,namaku retha.aku pingin nanya. VCD konya konya lonya udah ada belum?trim's

e-bobo said...

VCD Konya Konya Lonya sedang disiapkan. Tunggu yah....

Alif said...

Bo, ini Alif. Bobo mau ngunjungi blogku? Blogku: http://alifaqsha.blogspot.com/
Kunjungi, ya!

Anonymous said...

bo! DVD/VCD konya lonya masih ada gak??? aku mau donk.....